tagClouds

Review : Proses Pembuatan E-KTP Indonesia

on 10.08

Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi Penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kartu ini wajib dimiliki bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin(katanya: http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_Tanda_Penduduk)

Nah, sekarang jaman serba "E-". E-commerce, E-book, E-pulsa dan "E-" lainnya. KTP juga ga mau kalah sob, dia meluncurkan "E-KTP". Tujuannya, biar kesannya negara maju gitu sob hehehe

Bercanda sob, tujuannya supaya semua data penduduk negeri ini tersimpan rapi dalam database nasional. Hari ini, admin@Cuirast baru aja ngurus E-KTP di Kecamatan. Cuirast akan share pengalaman ngurus E-KTP

Dimulai dari undangan oleh pak RT gw Pak RT.
Pertama gw kirain undangan sunat anaknya yang kedua kali , eh ternyata undangan buat bikin E-KTP. Pikir gw "Pas banget Bro, KTP gw dah almarhum sejak 3bulan lalu , gratis n deket lagi.Mantaf".
Jadi, kalo RT ato Kelurahan kamu bakal dapat giliran ngurus, pak RT akan gentayangan ke rumah kalian n ngasihin undangan dari kecamatan.

Parahnya, undangan itu diserahkan H-1 Man. What The Fruit . Untung gw bisa(#soksibuk).

Besoknya, gw siap2 dah. Oh ya, ada TIPS dari gw:
"KALO DISURUH DATENG JAM 8, DATENG AJA SETENGAH JAM SEBELUMNYA
dijamin, dapet nomor urut PERTAMAX GAN!
(nb: Tips diatas tergantung amal perbuatan gan, kalo ente disuruh balik ato nunggu setengah jam lagi di gerbang bukan salah gw)

Hal-hal yang perlu dibawa dan dipakai:
1. Undangan nya sob( INI PENTING SEKALI )
2. KTP lama kalo ada n punya
3. Kartu Keluarga untuk pembetulan Nama anggota keluarga yang mungkin salah ketik
3. Baju rapi sopan(jangan rok mini ye, lu kira mau Dugem
)
4. Rasa sabar yang sangat besar(kalo lu datang agak siangan mending bawa bantal deh, lama cin)

Nah udah siap? Inilah tahapan pembuatan E-KTP

1. Kalian harus ambil nomor antrian(gunakan cara apapun untuk dapat nomor terkecil, kalo kalian buru2)
2. Kalian nunggu deh(kondisi ini tergantung dengan faktor LUCK kalian dan gimana nomor antrian kalian, belum lagi kekacauan antrian, biasalah Indonesia, ya nggak sob
3. Kalian dipanggil(pasang telinga bener-bener dah, nama kita ga satu sob, bisa aja sebelah kita namanya sama)
4. Kalian...NUNGGU LAGI, capek deh. Yang ini nunggu untuk pengisian datanya. Yang tadi nunggu antrian sob.

Setelah kalian dipanggil maju, tunjukkan KTP(kalau ada) dan Undangan kalian
Inilah tahap pengisian data E-KTP

1. Nomor KTP lama akan dimasukkan kedalam sistem, ntar muncul deh Identitas kalian. Nah disini kalian harus bener-bener teliti. Cek semua identitas dan ganti jika ada yang salah dan kurang. Bila perlu beri gelar Sob! Hati-hati, salah sekali konsekuensinya adalah mendapatkan tatapan dan nada kurang bersahabat dari operator(masalahnya dia bakal ngurus ratusan orang sob, kalo lu bkin kacau = nambah masalah die. Saling bantu lah!)

2. Seteleh identitas beres, kalian akan diambil foto. BUAT BANGSA ALAY, PLISS, STOP ALAY FOR A WHILE
Mereka ga nerima fotolu yang kayak gini

3. Abis foto, kalian akan melakukan tanda tangan digital
Agak susah bro, soalnya area tanda tangannya sempit banget(ga kayak gambar diatas)

4. Setelah itu pengambilan sidik jari tangan(jangan sampe kaki ya sob, susah),
pertama 4 jari kanan, kedua 4 jari kiri, dan terakhir 2 jempol tangan kanan kiri. Lanjut!!

5. Nah sekarang yang seru, ambil iris mata. Kita suruh mengahadap kayak kamera 2 sisi gitu bro. Trus suruh naik turun maju mundur kiri kanan -in mata kita sampe gambar iris kita ketangkep. Hahaha. 1 menit gw lalui dalam tahap ini.

6. terakhir validasi pake sidik jari manis kanan dan kiri kita.Abis itu ada konfirmasi bahwa loe dah membuat ktp dengan identitas berikut. Nah terus tandan tangan digital lagi. Abis itu selesai.

7. Tinggal isi bukti hadir deh dan cap dari kecamatan di undangan kita. JANGAN SAMPAI HILANG sob Undangan ini. Soalnya buat ambil KTP kita ntar

Total waktu NORMAL yang dihabiskan kira-kira: 3-5menit.

Pas gw maju, ga NORMAL sob,ini sekaligus gw tambahin eror yang sering terjadi.

1. Masalah birokrasi sob, misal, ga bawa ktp, ga bawa Kartu Keluarga untuk pembetulan identitas yang salah. Ribet sob! Untungnya tadi pak Camat memantau, jadi semuanya sungkan kalo mau dibikin ribet.
Kasus nyata tadi: Ada bapak2 KTPnya ilang n cuman bawa KK. Pegawai kecamatan pada bilang "Nggak bisa pak, harus buat surat kehilangan dulu" (mana orang yang kehilangan ktp dah tua sob)
Pak camat langsung bilang: "Udahlah kita layani dulu. Surat kehilangan bisa menyusul.Kenapa sih dibikit ribut dan ribet "
Gw langsung salut ma nih Camat kalo ada PilKeCam(pemilihan kepala Camat XD) mungkin gw pilih die.

2. Masalah identitas di database Kecamatan yang salah.
Kasus nyata: Nama gw dan Tempat lahir gw dan sekeluarga ga ada yang bener. Akhirnya gw print dah lampiran isinya nama dan tempat tanggal lahir yang bener. Eh disana diminta Kartu keluarga. Parahnya, di Undangan ga ada sob yang nuliskan "BAWA KartuKeluarga". Akhirnya setelah adu logika, keluarga gw menang

3. Masalah teknis.
Kasus nyata: Gw urutan ke 3 setelah bapak dan ibu gw. Beliau-beliau lancar sob. Pas gw, ada kali 10 menit gw harus bolak balik cek identitas dan foto. Kenapa?
ALATNYA NGADAT SOB pas giliran gw
Yang pertama, kamera buat foto ngadat.

Yang kedua, pemindai sidik jari ngadat. Parahnya karena sidik jari gw tergolong halus(ge begitu kerasa) gw dibilang "Wah mas, tangannya Halus banget". Untung gw kagak jawab "Karena saya pake lulur wangi Cap Nona Nyengir Pak" dengan tatapan MARAH. Sebel sob! Buat para GITARIS dan BASSIST tenang aja, masih kedetect kok sidik kalian yang ngapal gara2 instrumen kalian


Yah bagaimanapun serunya itu, program E-KTP gratis ini sangat membantu warga negara kita ini untuk dapat KTP yang mudah, sedikit nyaman dan agak gak ribet.

Maju terus INDONESIA!

Happy Blogging!

6 komentar:

zahroul mengatakan...

Sip, kang,
E-KTP memang salah satu alternatip yg pas buat ngatasin masalah bangsa ini :d:,

Saluto Numero Uno Del Piero :c:

Link Terkait : E-KTP, Solusi Masalah Kependudukan Indonesia

Deeahzone mengatakan...

E-KTP bisa jadi solusi, programnya aja baru..tapu ujung-ujungnya dah dikorup duluan hehe. Nice post n happy Blogging!

Wawank mengatakan...

:d:

Sudah dapt e-KTP ya?

Saya belum..,

MAKASIH INFONYA...

Sigit Herdianto mengatakan...

wah,saya baru SMA,belum punya KTP.kunjungan baliknya di tunggu,sob.
http://sigit-ravenclaw.blogspot.com

sprei murah mengatakan...

thank Gan info and articles on your blog nice and helpful, always successful and best regards bloggers, bloggers from my blog sprei
bed cover murah

sherlina halim mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar

Silahkan Tuliskan kode disamping Emoticon untuk menggunakan Emoticon

We Are AREMANIA

SALAM SATU JIWA
PlanetBlog - Komunitas Blog dan Blogger Indonesia Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Family Friendly Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Pengikut